RSS Feed

Chat with Me
Nov 30

Tomat Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Articles & Stuff, Health & Disease, Info & Tips  Add Comment

Pola makan yang kaya dengan saus tomat, serta produk-produk lain yang mengandung tomat mengandung antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat kata sebuah penelitian terbaru. Para peneliti menganalisa pilihan makanan dan sejarah kanker prostat pada lebih dari 47.000 pria dan menemukan kalau mereka yang makan sekurang-kurangnya dua makanan dalam seminggu yang mengandung produk dari tomat menurunkan risiko mereka terkena kanker prostat 24-36%.

Dr. Edward Giovannucci dari Brigham and Women’s Hospital dan Harvard School of Public Health, peneliti utama dari penelitian ini, mengatakan kalau hal ini mendukung penelitian sebelumnya yang meneliti makanan, terutama produk tomat, yang mengandung banyak lycopene, antioksidan yang sangat kuat. “Penelitian paling baru ini menambahkan dukungan pada teori yang mengatakan kalau pola makan kaya makanan yang mengandung tomat dan lycopene, demikian juga buah-buahan serta sayur-sayuran yang lain, mungkin dapat menurunkan risiko kanker prostat,” kata Giovannucci. Laporan penelitian ini sendiri ada di the Journal of the National Cancer Institute.

Giovannucci mengatakan kalau lycopene diduga memberikan perlindungan dari kanker dengan menyerap radikal-radikal bebas oksigen, yaitu bahan-bahan yang dibuat selama proses metabolisme yang dapat merusak struktur genetik sel. Penemuan ini berdasarkan data dari the Health Professional Follow-Up Study, sebuah proyek yang mengikuti sejarah kesehatan dan kebiasaan makan 47.000 pria, berusia 40-75 tahun, dari tahun 1986-1998. Selama periode ini, 2.481 pria menderita kanker prostat.

Kuesioner mengenai pola makan dalam penelitian ini meliputi makanan-makanan seperti tomat, saus tomat, jus tomat, pizza, semangka dan anggur merah, dan makanan lain yang mengandung tomat. Saat data yang didapat ini dihubungkan dengan efek dari faktor gaya hidup lainnya, para peneliti menemukan kalau tomat, terutama yang sudah dimasak, sangatlah berguna mencegah kanker prostat.

“Saus spaghetti adalah yang paling sering digunakan,” dan tampaknya juga paling banyak memberikan perlindungan, kata Giovannucci. Ia mengatakan kalau memasak tomat mentah, seperti dalam membuat saus spaghetti, mungkin mampu memecah dinding sel dari buah tersebut dan memungkinkan tubuh untuk menyerap lebih banyak lycopene.

Giovannucci menekankan kalau produk yang mengandung tomat harus menjadi hanya bagian kecil dari pola makan yang baik, yang meliputi buah serta sayuran lainnya dan menghindari pemasukan lemak berlebihan. Jo Ann Carson, seorang ahli gizi dari the University of Texas, Southwest Medical Center di Dallas, mengatakan kalau penelitian ini, “Sebuah contoh kalau apa yang kita makan dapat mempengaruhi risiko kita untuk terkena kanker.”

Penelitian ini juga mendukung ide kalau makanan yang mengandung banyak antioksidan, daripada pil-pil vitamin, memberikan proteksi kanker yang paling baik, katanya. “Makan makanan lengkap dapat memberikan kombinasi keuntungan yang mungkin tidak dapat dipenuhi oleh suplemen-suplemen yang ada,” kata Carson.

Warta Medika

Enjoyed reading my blog? Subscribe to my blog via Email!

Related Posts:

Comments »

No comments yet.

Add Comment

Please note that your comment will not be available immediately as I will moderate all comments. So please be patience. You do not need to post comments twice. The moderation process can help me fight against spammers. Thanks.

« Resep Kue Pernikahan . Detik - Detik Rasulullah S.A.W. Menjelang Sakratul Maut »